Resume Jurnal Pendidikan Matematika
RESUME JURNAL 1
Judul jurnal :
|
Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
|
Penulis :
Fadli Hi. Idris, Ikram Hamid dan Ardiana
Lembaga penulis :
Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Khairun
Tahun :
2015
Volume/No./Hlm : Vol. 4. No. 1, h. 92-98
Resume Jurnal :
Jurnal yang
ditulis oleh Fadli Hi. Idris, Ikram
Hamid dan Ardiana yang berjudul “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan
Soal-Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel” ini dilatarbelakangi
oleh kenyataan lapangan yang mereka temukan. Sebagaimana yang diketahui bahwa matematika merupakan suatu pelajaran yang mengajarkan
sistem berpikir yang sistematis, analisis dan logis, sehingga matematika
dapat manjadi dasar ilmu-ilmu lain khususnya ilmu eksata, mengingat pentingnya peran matematika
maka pengajar matematika pada jenjang pendidikan formal perlu mendapat
perhatian khusus dari siswa.
Salah satu faktor yang
mempengaruhi peningkatan mutu belajar siswa adalah kesulitan yang dihadapi oleh siswa
dalam menyelesaikan berbagai persoalan dalam konsep matematika terutama
pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) khususnya dalam membuat
model matematika terkait persoalan sehari-hari. Sering dijumpai aktivitas
belajar setiap siswa dalam kehidupan sehari-hari, setiap individu memiliki karakter yang
berbeda. Perbedaan individual ini pulalah yang menyebabkan perbadaan tingkah laku
belajar dikalangan anak didik. M. Syah dalam bukunya yang berjudul “Psikologi
Pendidikan dengan Pendekatan Baru” mengatakan bahwa kesulitan belajar juga dialami siswa
yang berkemampuan rata-rata (normal) disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang
yang menghambat tercapainya kinerja akademik yang sesuai dengan harapan.
Namun setelah Fadli dan
kawan-kawan melakukan observasi, ternyata pemahaman siswa tentang SPLDV masih
rendah dan sering berdampak langsung dalam membuat model matematika,
sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Hal tersebut sesuai
dengan informasi dari guru bidang studi matematika di SMP Islam Jailolo, bahwa siswa
sering mengalami kesulitan dalam membuat model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel.
Berdasarkan hal
tersebut dapat disimpulkan bahwa para peneliti yang menulis jurnal ini tertarik
untuk menulis jurnal yanng berhubungan dengan masalah tersebut dan sepakat
untuk mengangkat judul “Analisis
Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear
Dua Variabel” sebagai judul penelitian yang akan mereka teliti lebih lanjut dan
dibahas tuntas dalam jurnal mereka.
Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kesulitan yang dihadapi siswa dalam
menyelasaikan soal-soal penerapan sistem persamaan linear dua variabel.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Islam Jailolo yang
berjumlah 57 siswa yang tersebar dalam dua kelas (VIII A dan VIII B) dan sampel
yang dipilih peneliti adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 25 siswa. Sampel
dipilih dengan menggunakan teknik sampling yaitu puposive sampling. Sampel dipilih oleh peneliti berdasarkan
hasil tes yang dilakukan
peneliti sebelum melakukan penelitian yang ternyata hasil tes tersebut
menunjukkan bahwa hasil tes siswa dari kelas VIII A lebih rendah dari hasil tes siswa dari
kelas VIII B.
Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan peneliti pada siswa kelas VIII A SMP Islam Jailolo hasilnya menujukkan
bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan
sistem persamaan linear dua variabel adalah sebagai berikut:
a. kesulitan
fakta, yaitu kesulitan dalam menempatkan lambang-lambang yang membentuk
persamaan linear dua variabel,
b. kesulitan
konsep, yaitu kesulitan dalam merumuskan model matematika yang berkaitan dengan
sitem persamaan linear dua variabel,
c. Kesulitan
prinsip, yaitu dalam menggunakan sifat penambahan dan perkalian pada persamaan
serta kesulitan dalam menggunakan metode dalam menentukan solusi dari sistem
persamaan linear dua variabel,
d.
Kesulitan
skill, yaitu dalam melakukan operasi pada bilangan.
Berdasarkan uraian dari
hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan para peneliti dalam jurnal ini,
maka dapat disimpulan
bahwa sebagian besar siswa kelas VIII A SMP Islam Jailolo masih mengalami
kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal penerapan sistem persamaan linear dua variabel.
Kesulitan yang dialami siswa tersebut ditandai dengan adanya kesalahan-kesalahan
siswa dalam menjawab soal yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
Kesalahan yang dimaksud
berdasarkan hasil dari penelitian tersebut diantaranya adalah kesalahan dalam menempatkan lambang-lambang
yang membentuk SPLDV, kesalahan dalam merumuskan model matematika yang berkaitan
dengan SPLDV, kesalahan dalam menggunakan sifat-sifat penambahan dan
perkalian pada persamaan, serta kesalahan dalam melakukan operasi pada
bilangan.
0 komentar:
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.