Resume Jurnal Pendidikan Matematika

April 25, 2018 Unknown 0 Comments

RESUME JURNAL 1

Judul jurnal             :
Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Penulis                        : Fadli Hi. Idris, Ikram Hamid dan Ardiana
Lembaga penulis       : Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Khairun
Tahun                         : 2015
Volume/No./Hlm        : Vol. 4. No. 1, h. 92-98
Resume Jurnal          :
Jurnal yang ditulis oleh  Fadli Hi. Idris, Ikram Hamid dan Ardiana yang berjudul “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel” ini dilatarbelakangi oleh kenyataan lapangan yang mereka temukan. Sebagaimana yang diketahui bahwa matematika merupakan suatu pelajaran yang mengajarkan sistem berpikir yang sistematis, analisis dan logis, sehingga matematika dapat manjadi dasar ilmu-ilmu lain khususnya ilmu eksata, mengingat pentingnya peran matematika maka pengajar matematika pada jenjang pendidikan formal perlu mendapat perhatian khusus dari siswa.
Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu belajar siswa adalah kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menyelesaikan berbagai persoalan dalam konsep matematika terutama pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) khususnya dalam membuat model matematika terkait persoalan sehari-hari. Sering dijumpai aktivitas belajar setiap siswa dalam kehidupan sehari-hari, setiap individu memiliki karakter yang berbeda. Perbedaan individual ini pulalah yang menyebabkan perbadaan tingkah laku belajar dikalangan anak didik. M. Syah dalam bukunya yang berjudul “Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru” mengatakan bahwa kesulitan belajar juga dialami siswa yang berkemampuan rata-rata (normal) disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang yang menghambat tercapainya kinerja akademik yang sesuai dengan harapan.
Namun setelah Fadli dan kawan-kawan melakukan observasi, ternyata pemahaman siswa tentang SPLDV masih rendah dan sering berdampak langsung dalam membuat model matematika, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Hal tersebut sesuai dengan informasi dari guru bidang studi matematika di SMP Islam Jailolo, bahwa siswa sering mengalami kesulitan dalam membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa para peneliti yang menulis jurnal ini tertarik untuk menulis jurnal yanng berhubungan dengan masalah tersebut dan sepakat untuk mengangkat judul “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel” sebagai judul penelitian yang akan mereka teliti lebih lanjut dan dibahas tuntas dalam jurnal mereka.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelasaikan soal-soal penerapan sistem persamaan linear dua variabel. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Islam Jailolo yang berjumlah 57 siswa yang tersebar dalam dua kelas (VIII A dan VIII B) dan sampel yang dipilih peneliti adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 25 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling yaitu puposive sampling. Sampel dipilih oleh peneliti berdasarkan hasil tes yang dilakukan peneliti sebelum melakukan penelitian yang ternyata hasil tes tersebut menunjukkan bahwa hasil tes siswa dari kelas VIII A lebih rendah dari hasil tes siswa dari kelas VIII B.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada siswa kelas VIII A SMP Islam Jailolo hasilnya menujukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan sistem persamaan linear dua variabel adalah sebagai berikut:
a.  kesulitan fakta, yaitu kesulitan dalam menempatkan lambang-lambang yang membentuk persamaan linear dua variabel,
b.     kesulitan konsep, yaitu kesulitan dalam merumuskan model matematika yang berkaitan dengan sitem persamaan linear dua variabel,
c.    Kesulitan prinsip, yaitu dalam menggunakan sifat penambahan dan perkalian pada persamaan serta kesulitan dalam menggunakan metode dalam menentukan solusi dari sistem persamaan linear dua variabel,
d.        Kesulitan skill, yaitu dalam melakukan operasi pada bilangan.
Berdasarkan uraian dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan para peneliti dalam jurnal ini, maka dapat disimpulan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII A SMP Islam Jailolo masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal penerapan sistem persamaan linear dua variabel. Kesulitan yang dialami siswa tersebut ditandai dengan adanya kesalahan-kesalahan siswa dalam menjawab soal yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
Kesalahan yang dimaksud berdasarkan hasil dari penelitian tersebut diantaranya adalah kesalahan dalam menempatkan lambang-lambang yang membentuk SPLDV, kesalahan dalam merumuskan model matematika yang berkaitan dengan SPLDV, kesalahan dalam menggunakan sifat-sifat penambahan dan perkalian pada persamaan, serta kesalahan dalam melakukan operasi pada bilangan. 

0 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.